BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar, I Gusti Made Suryawati mengaku bersyukur dengan kunjungan kerja Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekaf) Sandiaga Salahuddin Uno di kawasan pertokoan kerajinan Cahaya Bumi Selamat, Martapura.

Menurutnya, setelah mendampingi beliau ada beberapa yang sangat membahagiakan yaitu pertama, beliau mengajak duduk satu meja membahas Revitalisasi pembangunan pertokoaan CBS lewat DAK Pariwisata.

Kedua, mencarikan solusi untuk meningkatkan penjualan pemasaran baik offline maupun online.

“Ketiga, meningkatkan ekonomi kreatif di Kabupaten Banjar,” imbuhnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Kadis Perindag Kabupaten Banjar  itu akan segera membuat usulan ke kemenparekraf sesegeranya, seraya berharap  kedepannya terealisasi harapan tersebut.

Kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju, Sandiaga Salahuddin Uno di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) berakhir di pertokoan kerajinan Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Kamis (2/9/2021).

Rencananya kunjungan Sandiaga di Kabupaten Banjar, dua titik lokasi, yaitu CBS Martapura dan berziarah  ke makam Tuan Guru Sekumpul, KH Zaini Ghani di Kelurahan Sekumpul.

Namun, rencana kunjungan ziarah di Sekumpul ditunda karena padatnya jadwal kunjungan kerja Sandiaga Salahuddin Uno sehingga harus kembali ke Jakarta.

Mengenakan kopiah bulat berbahan rotan dari kerajinan tangan, Sandiaga yang memgenakan kemeja dan sepatu berbahan kain Sasirnsgan  berkeliling.

Sejumlah  pertokoan permata didatangi Sandiaga sembari berdialog dengan pedagang batu  permata  kerajinan.

Sandiaga sangat santai dan ramah menyapa pedagang didampingi pejabat dari Pemerintah Kabupaten Banjar dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pertokoan CBS Martapura tidak asing bagi Sandiaga. Itu karena sebelum menjabat sebagai pembantu Presiden Joko Widodo sudah sering  pernah bertandang.