Bimtek Pembuatan Masker Fashion Kerjasama Ditjen IKMA Kemenperin RI, Dinas Perindustrian Provinsi Kalimantan Selatan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar

Ide ini tercetus langsung oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudhatul Wardiyah. Namun demikian, masker yang diberikan nantinya bukan masker medis, melainkan masker kain fashion yang tujuan utamanya menghadang aerosol yang keluar dari mulut maupun hidung masyarakat tetapi dengan motif-motif cantik yang akan memanjakan mata para pembelinya.

Industri kecil menengah (IKM) dari Kertak Hanyar membantu dalam pembuatan masker fashion. IKM itu sendiri berada di bawah binaan dari Ketua TP PKK Kabupaten Banjar.

Sumber dana kegiatan ini berasal dari Dana Dekon Disperin Provinsi Kalimantan Selatan dari Ditjen IKMA Kemenperin RI. Lama kegiatan diselenggarakan selama 5 hari dari tanggal 23 s.d 27 November 2020. Pesertanya sebanyak 5 orang dari Kecamatan Martapura Kota dan Martapura Timur.

Dalam rangka praktik social distancing maka bimtek bertempat di rumah masing-masing peserta. Setiap hari dipantau oleh panitia dari Disperin Provinsi Kalsel dan Ditjen IKMA Kemenperin RI melalui aplikasi zoom.

Panitia dari Disperindag Kabupaten Banjar (Maryani, SE dan Zairina Fitriani, S.Kom) bersama Instruktur (Ahmad Farid Ridhoni) juga memantau ke lokasi setiap hari untuk melihat perkembangan para peserta bimtek.

Jumlah masker yang diproduksi adalah sebanyak 1000 pcs

Hasil Bimtek diserahkan ke Dinas Perindustrian Kalsel sebanyak 250pcs, ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Banjar sebanyak 250 pcs dan kepada peserta masing-masing sebanyak 100 pcs.