Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar mendorong para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk memenuhi syarat kehalalan bagi produknya.

Sertifikasi halal dan label halal dapat mendorong IKM untuk memudahkan pemasaran produk. Sebab, produk yang tersertifikasi halal tentu terjamin dan aman untuk dikonsumsi.

Para pelaku IKM yang memperoleh sertifikasi halal secara gratis yang difasilitasi Disperindag tersebut salah satunya adalah produk abon patin asap buatan warga Desa Penggalaman Kabupaten Banjar yang telah dipesan hingga Sumatera.

“Saat ini kita produksi abon patin asap dan patin asap tidak terlalu banyak. Hanya sekitar 70 ekor ikan patin saja per harinya,” kata Hj Ainun Jariah di rumahnya, Desa Penggalaman Handil 1 Ujung (pinggir irigasi), Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (10/11/2020).

Menurutnya, harga abon patin per bungkusnya cukup murah dan terjangkau, sekitar Rp 25.000 per bungkus isi 100 gram.

Ada pun rasanya ada abon patin yang manis dan rasa pedas, tergantung selera pembeli. Namun, rasa manis yang paling favorit, karena anak-anak suka dan langsung makan.

Pembelinya ada yang langsung datang ke tempatnya di Desa Penggalaman Handil 1 Ujung untuk oleh-oleh dan ada juga pesan online.

“Pembelinya tak hanya warga Kota Banjarmasin dan sekitarnya, juga ada yang memesan dari daerah Samarinda (Kaltim), Kalteng, Jawa dan Sumatera,” sebut dia.

Ditambahkan Ainun yang juga pengembang perumahan ini, dirinya lebih memilih mrmbikin abon Patin, karena bahannya mudah di dapat. “Disamping itu kita memelihara sendiri patin, jadi untuk kualitasnya kita tahu,” ungkapnya.

Ainun sendiri masih belum memproduksi cukup banyak mengingat masih terbatasnya sarana. Jadi, masih dibantu dua orang pekerja, kecuali bila banyak memesan memanggil orang dengan upah harian.

“Ke depannya, kami akan produksi lebih banyak untuk menciptakan lapangan kerja baru buat warga sekitar,” papar Ainun.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Abon Patin Asap Bikinan Warga Kabupaten Banjar Ini Dipesan Hingga Sumatera, https://banjarmasin.tribunnews.com/2020/11/10/abon-patin-asap-bikinan-warga-kabupaten-banjar-ini-dipesan-hingga-sumatera.
Penulis: Syaiful Anwar
Editor: Alpri Widianjono