KabarKalimantan, Martapura – Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar menggelar pelatihan atau workshop lanjutan sasirangan kepada para pengerajin sasirangan Kabupaten Banjar di Gedung Pamer Sasirangan, Kertak Hanyar Senin (30/8/2021) siang.

Workshop yang diikuti lebih 10 peserta tersebut akan dilaksanakan selama 5 hari mulai dari 30 Agustus 2021 sampai dengan 3 September 2021.

Dalam pelatihan tersebut, peserta nantinya akan diberikan pembekalaan penggunaan pewarnaan echo/alami selain pewarna kimia untuk kerajinan kain sasirangan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar I Made Gusti Suryawati mengungkapkan, pelatihan kerajinan sasirangan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengrajin guna mendorong kemuajuan dan kualitas IKM di Kabupaten Banjar.

Dengan di-SK-kannya wilayah Kertak Hanyar sebagai Kampung Sasirangan, maka dengan begitu sangat diperlukan para pengerajin sasirangan andal guna mendukung pengembangan IKM di bidang kerajinan sasirangan di wilayah tersebut.

“Saya berharap para peserta pelatihan ini bisa menunjukkan karya-karya terbaiknya, dan tetap menjaga ciri khas/pakem daerah Kabupaten Banjar,” terangnya.

Selain meminta untuk kreatif dalam memproduksi, Made juga berharap peserta juga kreatif dalam memasarkannya, baik dengan cara offline maupun melalui online.

“Seorang pengerajin jangan hanya bisa membuat, tapi juga harus pandai memasarkannya, agar apa yang dibuatnya bisa bernilai ekonomis dan membantu perekonomiannya,” imbuh made.

Made juga berpesan, selama menjalani pelatihan, peserta dan para instruktur tetap menjaga prokes Covid-19 yang berlaku dengan sebaik-baiknya.

Reporter: Budi Setiawan